Label

Rabu, 01 Juni 2011

Tips n Trick Adaptasi di Skul Baru

Adaptasi Cepat di Sekolah Baru

Yang namanya suasana dan lingkungan baru, pasti menghadirkan tantangan tersendiri. Seperti pepatah: “Lain ladang, lain belalang, lain lubuk, lain ikannya.” Maka, perbedaan yang terjadi kadang akan memberikan “kejutan” tersendiri. Karena itu, di lingkungan yang baru—apakah sekolah baru atau asrama baru—pastilah butuh kesiapan tersendiri agar kita mudah menyesuaikan diri.
Tujuannya pasti. Dengan lebih mudah dan cepat beradaptasi, maka kita pun akan lebih gampang bersosialisasi. Lalu, bagaimana cara untuk lebih mudah beradaptasi? Simak beberapa tips berikut yang bisa kita lakukan!

* Cari tahu sebanyak mungkin informasi tentang sekolah atau tempat baru tersebut untuk persiapan adaptasimu. Giatlah mencari informasi dengan cara bertanya, browsing internet, atau membaca.

* Persiapkan diri. Misalnya, jika sekolah baru itu membutuhkan kesiapan fisik prima karena harus apel setiap pagi di asrama, maka dari sekarang hal itu bisa dipersiapkan dengan rajin berolahraga.
* Tempat baru selalu memiliki ”kejutan”, jadi persiapkan diri untuk bertemu dengan berbagai macam karakter orang.
* Berlaku baiklah kepada semua orang. Selalu senyum dan ramah adalah cara paling sederhana yang bisa dilakukan.
* Ikuti setiap aturan resmi yang berlaku di sekolah atau tempat baru.
* Tidak perlu langsung menunjukkan siapa diri kamu dan tetaplah low profile. Lama-lama mereka akan mengetahui dan mengenal diri kita.
* Jangan menutup diri, aktif dan bergabunglah di beberapa kegiatan sekolah baru. Pengalaman baru kembali didapat, teman pun semakin bertambah.

Selamat beradaptasi dan berinteraksi!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar